Digitalisasi Bisnis Diantara Peluang dan Tantangan

Digitalisasi Bisnis Diantara Peluang dan Tantangan


Digitalisasi Bisnis diantara Peluang dan Tantangan

Digitalisasi Bisnis diantara Peluang dan Tantangan, sebuah tema yang unik untuk dibahas saat ini. Teknologi digital lambat laun telah mengambil sebagian perannya di berbagai sektor kehidupan, mulai dari sektor kesehatan, militer, hingga bisnis. Peranan tersebut membuat beberapa pergeseran pola prilaku masyarakat, termasuk dalam pola transaksi. Momentum ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa marketplace dalam meraup pendapatan. Terlebih pengguna internet yang terus meningkat, tentu itu adalah sinyal positif bagi pelaku usaha. Melihat pasar yang luas dengan jumlah jutaan, merupakan suatu peluang yang menggiurkan. Sebagai contoh, startup yang beberapa waktu lalu di nobatkan sebagai unicorn bahkan sudah menyandang status sebagai start up dekacorn dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

ini merupakan fenomena fantastis yang menggambarkan peluang yang masih terbuka lebar. Perputaran uang pada industri digital termasuk cepat dengan jumlah transaksi yang cukup besar, pada tahun2019 lalu pendapatan Tokopedia CS mencapai hingga 133,5 Triliun Rupiah. Itu baru contoh disektor marketplace, belum lagi sektor transportasi dan layanan antar barang dan makanan berbasis digital seperti Gojek, di tahun 2019 Gojek berhasil meraup pendapatan hingga 2 kali lipat dari tahun sebelumnya, diketahui bahwa di tahun 2018 Gojek mendapatkan pendapatan dari layanannya sebesar US$ 2,5 Miliar.



Digitalisasi Bisnis, Seberapa Penting kah ?


Peluang di Era Digital

Peluang ini juga harus dapat dimanfaatkan oleh pelaku Usaha kecil menengah, digitalisasi bisnis menjadi sangat diperlukan sebab peluang penjualan produk yang tidak mengenal batasan wilayah. UMKM bisa memasarkan produk unggulannya keberbagai wilayah di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Namun digitalisasi bisnis tidaklah tentang peluang saja, tentu ada berbagai macam tantangan yang harus dihadapi para pelaku usaha, seperti wawasan digital dan juga infrastruktur yang harus dipersiapkan.

Terkait pembiayaan atau modal untuk membangun sistem digital, kamu bisa melakukannya secara bertahap. Dimulai dari membangun sistem digital yang paling urgent terlebih dahulu. Menurut penulis, sistem digital merupakan sistem yang cukup efektif dan efisien juga dikelola dengan baik, maka sistem digital yang kamu bangun akan mencapai target yang kamu inginkan dengan budget yang normal (Tidak terlalu besar/boros). Kuncinya adalah perbanyak wawasan digital kamu, sebab semakin banyak kamu tahu tentang teknologi digital, kamu akan semakin tahu juga apa yang terbaik untuk bisnis kamu.


Baca Juga Artikel Lainnya : Digital Agency Terbaik di Bekasi