Tips Desain Logo Branding Kekinian

Tips Desain Logo Branding Kekinian

 

Tips Desain Logo Branding Kekinian

 

Tips desain logo branding kekinian |  Logo adalah salah satu hal terpenting bagi sebuah bisnis atau perusahaan karena logo mencerminkan identitas perusahaan. Logo berfungsi sebagai simbol yang merepresentasikan nilai bisnis secara keseluruhan. Inilah bagian paling luar dari sebuah nilai perusahaan yang juga tetap harus memuat poin-poin yang dijunjung oleh perusahaan tersebut.

           Dalam membuat desain logo banding kekinian, kamu mungkin akan merasa sedikit bingung untuk menentukan logo seperti apa yang harus dibuat. Karena seni bukan hal yang bisa diselesaikan dengan berdasar pada teori semata, banyak yang berpikir bahwa membuat sebuah logo itu bisa sesuai keinginan hati, dan yang penting berhasil merangkum nilai-nilai bisnis atau perusahaan. Padahal, tetap ada panduan yang menggiring si pembuat desain logo dalam merancang simbol jangka panjang ini.

Berikut adalah Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam membuat desain logo branding kekinian :


Desain Logo Branding Kekinian Perlu Filosofi

logo harus Membuat orang takjub! Sederhana dan unik, tetapi juga harus bisa membuat orang terpana. Artinya, pihak bisnis atau perusahaan harus menyajikan logo yang memiliki makna, bukan sekadar gambar belaka. Hal ini termasuk warna apa yang digunakan dan dasar filosofi apa yang terkandung di dalamnya.


Tips desain logo branding kekinian



Desain Logo Branding Harus Unik

Unik tetap jadi nilai utama. Hanya karena sederhana bukan berarti sebuah logo tidak memiliki makna. Contohnya adalah perusahaan Apple yang begitu sederhana dalam membuat logo mereka, namun di balik itu ada keunikan yang terkandung dalam logonya. Apa yang menarik dari sebuah apel? Mungkin tidak ada. Tapi bagaimana dengan apel yang digigit ujungnya? Perusahaan mana yang terpikir logo seperti itu kalau bukan Apple?



Desain Logo yang sederhana

logo sederhana akan membuat sebuah perusahaan yang memilikinya lebih mudah untuk diidentifikasi. Katakanlah Adidas dan Nike yang mungkin memiliki logo kelewat sederhana, tetapi maknanya berhasil membekas. Hanya dengan melihat logonya saja, orang sudah mengetahui milik siapa logo tersebut, apa motonya, hingga bagaimana kualitas produknya.

 

Pemilihan warna dalam logo

Warna juga berpengaruh dalam memberikan kesan terhadap makna logo perusahaan. Jangan sekadar menaruh warna yang menjadi warna kesukaan tetapi tidak bisa direpresentasikan untuk kondisi, visi, dan misi perusahaan secara keseluruhan. Warna ideal yang bisa diberikan pada logo haruslah mampu memengaruhi perasaan dan emosi dari calon konsumen yang ditargetkan.

 
Pemilihan Font Yang Tepat

Jenis huruf atau tipografi adalah unsur lainnya yang tidak bisa diremehkan dalam pembuatan desain logo. Memang kini kamu bisa dengan mudah mengunduh berbagai jenis huruf yang bahkan tidak perlu membayar. Tapi, apa uniknya jenis huruf yang seperti itu? Bukankah logo akan terlihat lebih baik ketika tipografinya tidak bisa disamakan oleh perusahaan lain?


Karakteristik untuk memperkuat jati diri brand

Buat logo yang tidak mudah diprediksi. Hal ini akan memaksa konsumen untuk berpikir perusahaan si pemilik logo ini memiliki karakter yang seperti apa? Ingat lagi bahwa sebuah logo harus bisa merepresentasikan (hampir) semua nilai-nilai perusahaan dalam bentuk yang sederhana namun juga unik.


Desain logo yang dinamis

Hindari membuat logo yang bersifat statis. Usahakan membuat desain logo yang tidak akan lekang dimakan waktu. Logo Apple dan Coca-Cola termasuk desain logo yang relatif dinamis, perubahan yang terjadi bukan perubahan secara keseluruhan bentuk logo, tetapi hanya menyentuh pada hal-hal luaran seperti ukuran atau warna saja.

          Pertimbangkan tujuan akhir dalam membuat desain logo. Kemudahan untuk dilihat dan diingat orang biasanya menjadi tujuan utama orang mendesain logo. Maka dari itu buatlah sebuah logo yang tidak biasa. Bagi orang awam, mungkin hal ini bisa jadi sesuatu yang rumit. Namun bagi mereka yang berjiwa seni, biasanya hal di sekitar bisa membantu melahirkan sebuah ide.