Pengertian Transformasi Digital

Pengertian Transformasi Digital

Pengertian Transformasi Digital


Pengertian Transformasi Digital

Transformasi digital menjadi topik hangat akhir-akhir ini, hal ini tak lepas dari faktor kemajuan teknologi digital meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir seolah menjadi titik dimulainya era baru yaitu Era Digital. Bahkan perubahan tersebut diiringi dengan sejumlah narasi perubahan seperti Revolusi Industri 4.0 hingga pada isu transformasi digital.

Perkembangan teknologi digital sangat berkembang pesat, bahkan setiap tahunnya banyak pengembang teknologi merilis teknologi barunya. Dalam dunia gadget saja, satu produsen smartphone bisa merilis 3 produk barunya bahkan lebih, tentu dengan sematan teknologi terbaru yang mereka punya. Selain itu, kini muncul berbagai 'fenomena' di dunia digital, dimana banyak bermunculan startup yang mengusung konsep-konsep brilian mengenai teknologi digital. Bermunculan aplikasi-aplikasi dengan fungsi dan manfaat yang cukup membantu dan beberapa memiliki keunikannya masing-masing.

Trend ini dianggap positif bagi beberapa kalangan, sebab aplikasi-aplikasi yang dihasilkan oleh startup dapat  membantu memudahkan aktifitas manusia. Dan jika kita melihat tren ini dari perspektif pengembang aplikasi, tentu ini adalah sebuah peluang yang menggiurkan. Setiap pengguna aplikasi adalah market yang bisa menghasilkan pendapatan bagi mereka. Sebagai contoh adalah aplikasi Zoom, siapa yang bakal mengira di tengah krisis seperti ini, Zoom mampu menghasilkan pendapatannya hingga 66 Triliun. Fenomena ini seolah melawan 'Hukum Nalar', disaat ekonomi dunia sedang terpuruk, beberapa bisnis dibidan digital justru meraup untung. Lantas bagaimanakah teknologi digital dilihat dari perspektif pelaku usaha konvensional ?

Apa itu Transformasi Digital ?

Dari beberapa ulasan tentang fenomena digital sebelumnya, sudah cukup menggambarkan betapa meriahnya euforia dunia terhadap dunia digital. Namun bagaimanakah pengaruh perkembangan teknologi digital bagi pelaku usaha ? Transformasi digital adalah suatu istilah yang digunakan untuk melakukan perubahan komunikasi, interaksi dan fungsi bisnis menjadi digital. Dalam Penerapan tersebut, digitalisasi menjalanan transformasi pada proses bisnis, model, dan juga bisnis yang diaplikasikan pada teknologi digital. Dalam pembahasan yang lebih sederhana, Transformasi digital adalah perubahan proses bisnis dari proses konvensional ke proses virtual. Transformasi digital tersebut tersebut meliputi penerapan sistem pada perusahaan hingga pada proses transaksi.

Kehadiran Teknologi Digital lambat laun telah mengambil sebagian perannya di berbagai sektor kehidupan, mulai dari sektor kesehatan, militer, hingga bisnis. Peranan tersebut membuat beberapa pergeseran pola prilaku masyarakat, termasuk dalam pola transaksi. Momentum ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa marketplace dalam meraup pendapatan. Terlebih pengguna internet yang terus meningkat, tentu itu adalah sinyal positif bagi pelaku usaha. Melihat pasar yang luas dengan jumlah jutaan, merupakan suatu peluang yang menggiurkan. Sebagai contoh, startup yang beberapa waktu lalu di nobatkan sebagai unicorn bahkan sudah menyandang status sebagai start up dekacorn dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun. ini merupakan fenomena fantastis yang menggambarkan peluang yang masih terbuka lebar.